Monday, August 6, 2012

SAY NO UNTUK INDIVIDUALITAS! SAY YES UNTUK KERJASAMA

NAS: 2 SAMUEL 12:26-31

Saudara-saudara, keberhasilan Daud dalam menaklukkan Bani Amon tentunya bukan oleh karena kehebatan dan kekuatan yang ia miliki, tetapi karena adanya prajurit dan panglimanya yang bernama Yoab. Sehinggga kolaborasi antara mereka mengakibatkan suatu kesuksesan yang luar biasa. Saudaraku, dari keterangan yang singat diatas maka firman ini ingin memperlihatkan kepada kita bahwa betapa sangat pentingnya kerjasama dalam pencapaian misi yang ingin dicapai. Intinya Daud tanpa Yoab bukanlah apa-apa, Yoab tanpa Daud-pun bukan apa-apa dan tanpa penyertaan Allah merekapun tidak ada apa-apanya. Jika kita melihata realitas yang terjadi saat ini, sering kita temui tidak adanya kerjasama yang baik antara bos dan anak buahnya, antara suami dan isteri, sesama teman atau sahabat, antara sesama hamba Tuhan, teman facebook, senior dan yunior,dst. Pertanyaannya adalah mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi? Ada beberapa indikasi yang saya ingin tekankan disini yaitu; kekuatiran merasa tersaingi, karena merasa pintar dan banyak gelar, takut mendapatkan kerugian, egois, tidak sanang melihat keberhasilan temannya,dst. Wah....wah....wah....jika hal ini memang sudah terkonsep dalam diri kita maka alangkah primitif, picik dan konsevatifnya orang tersebut, padahal sekarang adalah zamannya transformasi. 


Saya setuju dengan senior saya Rev. KRISTINUS UNTING,S.Th,M.Div, beliau mengatakan dalam renungannya CARI NAMA? NO!!! Renungan beliau inilah yang mengilhami saya, bahwa jikalau kita melakukan sesuatu lakukan untuk kemuliaan Tuhan dan bukan untuk kemuliaan sendiri. Jangan takut untuk tersaingi, jangan takut tidak populer tetapi yang penting adalah kerjasama membawa kesuksesan bersama, contoh Yoab dan Daud. Mengapa saya katakan demikian? Coba saja kalau kita dekat dengan penjual ikan, pasti kita akan terkena bau ikan, tetapi kalau kita dekat dengan penjual minyak wangi tentunya wanginya akan menular ke kita. Seperti itu juga dalam hal kesuksesan atau keberhasilan, kalau kita berdekatan dengan orang yang termotivasi setiap hari kita pun juga akan termotivasi. Jadi sangat penting kita bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama dengan kita. Ambil saja contoh dalam pelayanan di gereja, pelayanan di masyarakat, penyebaran firman Tuhan,dst.

APLIKASI NAS: Saudara-saudara, sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya dan setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah, manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, baik sesama manusia maupun dengan makhluk hidup. Perlu diingat bahwa setiap keberhasilan yang kita capai bukan oleh karena kuat gagah kita sendiri tapi oleh adanya background di belakang layar. Karenanya pada saat ini, firman ingin memberikan pembelajaran yang akan menginspirasi dan memotivasi kita untuk membentuk TEAMWORK yang handal. Mengapa? Sebab pada dasarnya kita semua ingin meraih sukses. Dan kesuksesan akan bisa dicapai dengan KERJASAMA!! 

Sekarang bagaimana bentuk kerjasama yang perlu untuk dikembangkan? Alkitab dengan jelas merumuskan bagi kita, misalnya dalam :

1). Filipi 2:4 "dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga." Kita harus mempertahankan kekompakkan bukan mementingkan diri sendiri. Dengan menjaga dan memperhatikan satu sama lain dan tidak mementingkan diri sendiri, kita mengokohkan dan memantapkan teamwork. 

2). Roma 15:1 "Kita, yang kuat, wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat dan jangan kita mencari kesenangan kita sendiri." Berarti kita harus saling menopang. Suatu tim yang kuat dan maju bukan hanya dilandasi oleh kepercayaan dan kekompakkan tetapi juga harus ada sikap kepedulian satu sama lain untuk menopang kelemahan dan kekurangan rekan-rekan kita sehingga tidak mengganggu kinerja tim. 

3). Kejadian 11:4-5 "Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi. Lalu turunlah TUHAN untuk melihat kota dan menara yang didirikan oleh anak-anak manusia itu." Artinya bahwa kita harus fokus pada tujuan bersama kita. Tujuan yang jelas merupakan kunci menuju keberhasilan. Bila kita mempunyai tujuan yang sama maka kita akan bekerja dengan antusias dan tekad untuk mencapai sasaran dan terget yang sama. 

Saudara-saudara, kita harus berhenti untuk mencari kesenangan atau kepuasan diri sendiri semata. Sudah saatnya bagi kita untuk mulai peduli pada keadaan di sekitar kita. Ada begitu banyak orang yang sedang membutuhkan uluran tangan. Bahkan ada banyak orang yang belum mengenal siapa Yesus sesungguhnya. Maka bertolong-tolonglah. Bekerjasamalah. Bersepakatlah. Baik dalam pekerjaan maupun pelayanan. Dan tentunya, lakukanlah semua dalam nama Yesus, dimana dalam setiap kerjasama yang anda lakukan, ada Tuhan yang dilibatkan dan dimuliakan di dalamnya. Jangan bersikap sombong dan selalu mau menang sendiri, tapi kita diajar unuk selalu bersikap rendah hati, lembut dan sabar, serta menyatakan kasih kita kepada sesama manusia dengan jalan saling membantu. (Efesus 4:2). Sesuai dengan hakekat manusia sebagai mahluk sosial, demikianlah kita diciptakan Tuhan, hendaklah kita peka terhadap keadaan sesama manusia setidaknya yang berada di sekitar kita. Bantulah mereka jika butuh, karena dengan itulah kita memenuhi hukum Kristus. Menjadi terang dan garam. Suatu waktu nanti kita pun akan butuh bantuan orang lain, dan di saat itu orang lain akan menjadi berkat buat kita. Ini bentuk kerjasama timbal balik yang saling menguntungkan, dan itulah yang diinginkan Tuhan untuk dilakukan anak-anakNya. 

Saudaraku, mari kita membangun semangat yang solid dalam kerjasama yang baik dalam usaha maupun pelayanan dengan saling percaya, menjaga kekompakkan dan saling memperhatikan dan tetap fokus pada tujuan bersama yaitu keberhasilan untuk kemuliaan Tuhan. BERAT SAMA DIPIKUL, RINGAN SAMA DIJINJING. *IMANUEL*

1 comment:

  1. In this fashion my colleague Wesley Virgin's biography launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    Wesley was in the army-and shortly after leaving-he discovered hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get everything they want.

    As it turns out, these are the same methods tons of celebrities (especially those who "come out of nothing") and top business people used to become wealthy and successful.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    That's mostly because most of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this conversation has even taken place INSIDE your own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about 7 years ago, while driving a non-registered, beat-up trash bucket of a car without a driver's license and with $3 on his debit card.

    "I'm so frustrated with living paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those conversations, am I right?

    Your success story is going to be written. You need to start believing in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    ReplyDelete