Tuesday, July 24, 2012

PERSELINGKUHAN IBARAT BOM WAKTU


NAS: 2 SAMUEL 11:1-27

SYALOM!!!
Saudara-saudara, hari-hari ini kita sungguh prihatin, karena pada masa kini sepertinya perselingkuhan atau perzinahan bukan merupakan kejadian yang aneh lagi. Ia seperti jadi kisah rutin manusia. Dan kejadian-kejadian inipun merambah serta menimpa orang-orang yang menjadi public figure, contoh: Para pejabat, artis, tokoh-tokoh agama,dll.


Berbicara mengenai perselingkuhan, Daud yang sebagai public figure pada zaman itu, yang terhormat/dihormati, dan diharapkan menjadi teladan bagi rakyatnya ternyata jatuh kedalam dosa perzinahan/perselingkuhan dengan seorang perempuan yang sudah bersuami yaitu isteri dari Uria orang Het (ayat 3-4). Kita mungkin bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Saudaraku, ada beberapa tahap mengapa perselingkuhan antara Daud dan Batsyeba itu terjadi, yaitu;

PERTAMA, Kisah Daud dan Batsyeba ini bermula ketika Daud tinggal di Yerusalem pada waktu raja-raja biasanya maju berperang pada pergantian tahun. Pada waktu itu Daud tidak ikut memusnahkan bani Amon bersama Yoab dan orang-orangnya dan seluruh orang Israel. Dapat dibayangkan bahwa pada waktu itu yang tinggal di Yerusalem hanyalah para wanita, para budak, beberapa penjaga kota dan istana, dan Daud sendiri (para suami wanita yang disekitar Daud saat itu ikut berperang) (ayat 1). 
KEDUA, Ketika Daud melihat Batsyeba sedang mandi, sehingga ia begitu berhasrat untuk meniduri perempuan itu (ayat 2).
KETIGA, Karena Daud mempunyai jabatan yang tinggi (sebagai raja).
KEEMPAT, Kemungkinan Batsyeba juga mempunyai ketertarikan yang terpendam dengan si Daud. Buktinya dengan tanpa perlawanan dan penolakan Batsyeba tidur dan melakukan hubungan biologis dengan Daud. (ayat 4).

Saudara-saudara, kita dapat saksikan apa akibat perselingkuhan tersebut. Nas mencatat bahwa suami dari Batsyeba yaitu Uria mati terbunuh dalam peperangan, yang mana kematiannya ini bisa dikatakan adalah bagian dari rencana Daud. Mengapa kematian itu harus terjadi? Alasannya adalah untuk menutup kebobrokannya, perzinahnnya dan untuk memiliki Batsyeba secara permanen. Nah, jika kita pikir-pikir, perselingkuhan Daud dan Batsyeba melahirkan malapetaka bagi pihak ketiga. Ya!! Kerugian, penderitaan bahkan kematian. 

Apa yang dapat kita pelajari lewat nas firman hari ini?

Di kesempatan ini saya ingin ibaratkan bahwa perselingkuhan itu ibarat bom. Seperti bom yang punya daya rusak maka perselingkuhanpun mempunyai daya rusak luar biasa. Dan secara psikologis, perselingkuhan akan menghancurkan fondasi utama sebuah pernikahan yaitu: kepercayaan, sekaligus menimbulkan murka Allah karena telah merusak perjanjian kudus yang telah dimeteraikan oleh Tuhan.

Saudara-saudara, pada masa kini ada banyak keluarga-keluarga kristen yang terjerumus ke dalam Perselingkuhan. Apa sebabnya? Seorang ahli psikologi menemukan beberapa alasan ketika seseorang terlibat dalam perselingkuhan yaitu sebagai berikut : merasakan ketidakpuasan dalam kehidupan perkawinan, adanya kekosongan emosional dalam kehidupan pasangan tersebut, problem pribadi di masa lalu, kebutuhan untuk mencari variasi dalam kehidupan seksual, sulit untuk menolak “godaan”, marah terhadap pasangan, seringnya hidup berpisah lokasi karena tugas maupun pekerjaan.

Sekarang, bisakah perselingkuhan di dalam pernikahan dipulihkan? Atau bagaimana supaya suami-isteri tidak berselingkuh? Ada dua kunci yang saya ingin tawarkan kepada kita saat ini, yaitu;
1). BERTOBAT. ”Si peselingkuh minta maaf dan yang dikhianati memaafkan. Ya, intinya sederhana: minta maaf dan memberi maaf. Minta maaf akan membuat si peselingkuh merasa ringan dan damai untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Memberi maaf akan membuat pihak yang dikhianati terbebas dari rasa dendam sehingga ia bisa dengan nyaman melangkah ke tahap perbaikan yang lebih detail.
Bagi yang dikhianati, mengampuni tentu akan terasa sulit. Membutuhkan waktu panjang untuk memulihkan rasa sakit itu. ”Mengapa harus ada pengampunan? Karena Yesus sendiri mengampuni kita dari dosa besar dengan pengurbanannya di kayu salib. Jadi, diantara suami dan istri yang selingkuh harus ada pengampunan supaya pasangan itu dapat memulai lembaran baru.

2). KETERBUKAAN
Perkawinan adalah suatu persekutuan hidup antara suami dan istri. Suami dan istri yang telah mengambil keputusan untuk menghubungkan diri dalam ikatan perkawinan , bahwa hidup mereka mulai dari nikah mereka diteguhkan dan diberkati oleh gereja merupakan suatu “persekutuan hidup”. Perkawinan sebagai suatu persekutuan hidup tidak otomatis terjadi. Ia harus diperjuangkan. Ia harus dibentuk, dipelihara dan dibina: dibentuk, dipelihara dan dibina bersama-sama oleh suami dan isteri. Salah satu syarat yang paling penting untuk itu ialah : keterbukaan. Suami dan isteri yang taat pada kehendak Allah dan yang karena itu berusaha untuk membuat perkawinan mereka menjadi suatu persekutuan-hidup yang lestari, harus bersifat terbuka seorang terhadap yang lain.
Pernyataan ini menegaskan bahwa keterbukaan dalam hubungan suami dan isteri adalah hal yang utama dalam pernikahan. Keterbukaan diantara suami dan isteri dapat menolong untuk terhindar dari perselingkuhan. Alkitab dengan tegas menyatakan perselingkuhan adalah perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah dan rancanganNya dalam pernikahan. Sebab pernikahan hanya terjadi dan terdiri dari satu laki-laki (suami) dan satu perempuan (isteri) dan pernikahan tidak mengenal oknum ketiga (bd. Kej.2:24).

Akhirnya, jika pada saat ini ada di antara kita yang masih terbelenggu dalam dosa perzinahan/perselingkuhan, maka firman ini ingin menegur dan mengingatkan kita. Jauhkanlah dan tinggalkanlah perbuatan tersebut. Ingatlah kembali akan masa-masa ketika kita berpacaran dan datang di gereja untuk diberkati dengan dan mengikrarkan janji setia kita dihadapan Allah dan sidang jemaat. MARI BELAJAR UNTUK SETIA!!! IMANUEL.

2 comments:

  1. Siang Pak, saya mau menanyakan bagaimana mengatasi ketika suami ternyata masih selingkuh dan dugem sampai memakai obat"an , aoa yang dilakukan sebagai isteri ?

    ReplyDelete
  2. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160,000 men and women are trying a simple and secret "water hack" to burn 1-2lbs each night in their sleep.

    It is very easy and works with everybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Grab a clear glass and fill it with water half the way

    2) Now learn this strange hack

    and you'll be 1-2lbs thinner in the morning!

    ReplyDelete