Monday, July 16, 2012

BERMETAMORFOSA


(Lukas 19:1-10)

Syalom!!
Hidup tanpa Yesus bagaikan hidup tanpa arah dan tujuan. Mau kemana-mana semuanya salah. Dan bersyukurlah kita yg masih beriman kepadaNya, sebab Ia ingin kita menjadi anak2Nya. 
Menjadi pengikut kristus berarti ada suatu perubahan yang signifikan terjadi dalam diri orang tersebut. Dulunya penjahat berubah menjadi Saleh, dulunya suka merugikan orang berubah menjadi memberkati orang lain,dst. Yah, identik dengan perubahan. Sekarang, adakah perubahan dalam diri kita, ketika mengikuti Dia? Atau masih belum berubah sama sekali, sama seperti yg dulu? Saudara, jika kita masih merasa belum berubah dari kehidupan lama kita, maka hendaklah kita bertanya kepada diri kita masing2,mengapa saya belum berubah? Bagaimana sekiranya supaya saya dapat berubah?
Saatnya kita belajar dari Zakeus.


Secara duniawi zakeus adalah orang yang cukup mapan, punya jabatan dan kaya raya. Tapi apakah dengan kekayaan dan jabatan tersebut ia sungguh mendapatkan kebahagiaan dan sukacita? Mungkin menurut pandangan kita saat ini, jika menjadi penjabat dan punya banyak harta pasti bahagia. Belum tentu.Pada zamannya zakeus dibenci dan mendapat gelar "orang berdosa".Nah, jika kita diposisi zakeus, pasti ada beban dalam hati ini. Mungkin dalam pikiran kita, wah saya ini kan pejabat dan kaya mestinya dihormati,disegani, tapi yang terjadi adl sebaliknya.
Tuhan adalah kasih. Ia datang kedunia ini karena Ia begitu mengasihi kita dan Ia ingin supaya kita berjalan dalam kebenarannya. Dan Ia rindu untuk mengangkat manusia yang jatuh dan terpuruk dari lumpur dosa. 
Saudara, bagaimana supaya kita dibaharui dan diubah menjadi pribadi yang memberkati? Sekali lagi ditegaskan, belajar dari Zakeus.
1. Carilah Yesus (lihat ayat 3). Untuk mencari dan memandang Yesus memang penuh dengan perjuangan. Si zakeus berjuang untuk melihat Yesus dania tidak menyerah, sampai2 ia naik pohon ara. Nah, untuk melihat dan mencari Yesus ternyata tidak mudah, kita harus berjuang melewati setiap tantangan yg ada, dimana tantangan tsb bisa berasal dari kita sendiri yaitu berupa; kemalasan, keegoisan, kesombongan,keangkuhan,dst. Tantangann juga bisa dari orang lain/lingkungan, yg bisa menghambat perjuangan kita. Satu kata kunci jika ingin mendapatkan perubahan "JANGAN MENYERAH"
2. Yesus menghargai setiap perjuangan kita (lihat ayat 5).
Setiap perjuangan kita tidak akan sia-sia, Ia akan menolong kita untuk semakin dekat padaNya. Bagaimana supaya kita bisa semakin dekat padaNya? Di samping dgn semangat dan perjuangan yg ber-api2, maka ibadah/persekutuan,firman dan doa akan membantu kita untuk lebih dekat padaNya. Jadi, kesemuanya itu memiliki harga di hadapan Tuhan.
3. Buka pintu rumah hatimu. Disini harus ada kerendahan hati untuk Yesus ikut campur membereskan setiap keberdosaan yg telah kita lakukan. Buka hati untuk firman, supaya firman itu membentuk diri kita menjadi pribadi yg berkenan di hadapanNya.

Akibat dari poin2 di atas:
* Ada sukacita sejati yg akan dialami melebihi jabatan dan kekayaan kita.
* Ada dampak yg membawa perubahan yaitu pertobatan. Dulunya merugikan orang lain dan diri sendiri, sekarang diberkati dan menjadi berkat bagi orang lain.
Saudara2, inilah yg dinamakan Metamorfosa, perubahan yg membawa keindahan. 
Pertanyaan untuk pribadi : Apakah saudara ingin berubah? Apakah saudara ingin diberkati dan menjadi berkat bagi orang lain?
Sekarang saatnya. Jangan tunggu nanti,besok atau lusa. NOW!!!!
YUK, KITA BERKOMITMEN DAN TERIMALAH BUAHNYA
*** Selamat pagi, Selamat berjuang, Selamat bekerja dan Selamat berbahagia. Tuhan Yesus Memberkati***

No comments:

Post a Comment