Thursday, October 11, 2012

"PERSEPULUHAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB IMAN"


NAS: Maleakhi 3:6-12
Ada begitu banyak warga jemaat yang menanyakan tentang: Persembahan yang benar itu yang bagaimana? Mengapa di GKE tidak ditekankan persembahan persepuluhan? Pada satu sisi pertanyaan-pertanyaan ini menyenangkan, karena tersirat adanya semangat untuk mempersembahkan secara bertanggungjawab. Namun di sisi lain, juga sedikit merisaukan, mengapa? Karena sudah begitu lama kita hidup sebagai orang percaya, tetapi mengapa sesuatu yang seharusnya sudah menjadi bagian atau bahkan identitas setiap orang percaya, ternyata masih menjadi pertanyaan. Apakah hal ini disebabkan karena Alkitab kurang jelas memberikan gambaran tentang  persembahan? Ataukah karena tidak ada ajaran secara resmi dan baku dari GKE tentang persembahan? Ataukah gereja tidak cukup sering memberi pemahaman tentang persembahan? Atau bingung karena ada bermacam-macam persembahan: persembahan perpuluhan,persembahan bulanan,persembahan kemandirian,  dll?
Persembahan Persepuluhan adalah persembahan yang harus diberikan kepada Tuhan, yang terdiri dari 10 % penghasilan kita. Adapun Sejarah persembahan persepuluhan adalah ; Abraham memberikannya kepada Melkizedek (Kej 14:220), Yakub bernazar akan memberikannya kepada Tuhan (Kej 28:22), sejak jaman Musa, maka persembahan persepuluhan ini bukan lagi merupakan persembahan yang bersifat sukarela, tetapi di-haruskan! (Ul 14:22) dan dalam Imamat 27:30, dikatakan bahwa persembahan persepuluhan adalah milik Tuhan. Karena itu lihatlah apa yang dikatakan Maleakhi dalam ayat 8 tentang orang yang tidak memberikan persembahan itu maka ia menipu Allah. Jadi, orang yang tidak memberikan persepuluhan dianggap merampok / menggelapkan uang Tuhan. Itu adalah milik Tuhan dan harus diberikan kepada Tuhan!
Pada hakikatnya dengan memberikan persembahan persepuluhan, umat tidak akan rugi atau menjadi miskin/kekurangan. Sekalipun demikian ayat ini (Maleakhi 3:10) tidak boleh ditafsirkan bahwa memberi persembahan persepuluhan akan mendorong Allah untuk mencurahkan berkat atau persembahan persepuluhan merupakan alat untuk menyuap/memancing Tuhan agar mencurahkan berkat dengan berlimpah. Jika demikian yang dihayati, maka persepuluhan yang diberikan bukanlah persembahan yang tulus.
Saudara mungkin mengetahui bahwa praktek persepuluhan adalah umum di kalangan masyarakat kuno Yunani, Roma, Arabia, Babilonia dan Persia. Sebagian ahli kepurbakalaan beranggapan bahwa besarnya sepuluh persen yang menjadi dasar persepuluhan ini adalah karena angka 10 merupakan dasar bagi sistem numerik dan dengan demikian melambangkan totalitas. Oleh sebab Tuhan adalah penguasa totalitas, maka segala berkat yang diterima darinya merupakan anugerah dari Tuhan, dan karenanya sungguh merupakan tindakan syukur yang pantas untuk mengembalikan sepersepuluhnya kepada Tuhan. Dari penelitian ayat-ayat perjanjian Lama, dapat disimpulkan bahwa persembahan persepuluhan merupakan: Ucapan syukur umat atas kasih dan berkat yang telah diterima dari Tuhan, bersifat sosial dalam persekutuan umat Tuhan dan merupakan tanggungjawab moral untuk menunjang kehidupan pekerjaan Tuhan sehingga para pelayan Tuhan dapat melaksanakan tugas panggilannya serta ibadat dan persekutuan umat dapat berjalan lebih baik. Jadi penghayatan persembahan persepuluhan merupakan bagian dari tanggungjawab iman dan kasih umat kepada Tuhan yang diwujudkan dengan mendukung penyelenggaraan pekerjaan Tuhan di muka bumi. Persembahan ini bukan sebagai beban tapi sebagai panggilan iman. Persembahan persepuluhan diberikan dengan ucapan syukur yang tulus dan sukacita bukan dengan pamrih mendapatkan keuntungan lebih besar; kasih yang rela memberi tanpa berharap balas jasa.
Sehubungan dengan persembahan persepuluhan ini, Badan Pekerja Harian Majelis Sinode GKE telah menetapkan 7 (tujuh) ajaran GKE pada bulan Agustus 2010, yang berisi antara lain tentang persembahan persepuluhan. Pada alenia ke-4 ajaran tersebut berbunyi : salah satu jenis persembahan yang perlu anggota jemaat serahkan kepada Tuhan adalah persembahan persepuluhan. Dengan demikian maka persembahan persepuluhan adalah wajib dilaksanakan oleh tiap anggota jemaat GKE, karena panggilan iman.

2 comments:

  1. Look at the way my buddy Wesley Virgin's report launches with this SHOCKING and controversial VIDEO.

    Wesley was in the military-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" tactics that the government and others used to get anything they want.

    As it turns out, these are the same secrets tons of celebrities (especially those who "come out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this thought has even taken place IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about seven years back, while driving an unregistered, garbage bucket of a car with a suspended license and on his debit card.

    "I'm absolutely frustrated with living check to check! When will I finally succeed?"

    You've been a part of those those thoughts, ain't it right?

    Your success story is going to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    Learn How To Become A MILLIONAIRE Fast

    ReplyDelete
  2. Your Affiliate Profit Machine is waiting -

    And making money with it is as easy as 1..2..3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products you want to push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate system explode your list and sell your affiliate products for you!

    Do you want to start making money???

    Click here to launch the system

    ReplyDelete