Monday, July 16, 2012

"Mempersiapkan Hidup Yang Kudus Dalam Menghampiri Allah"


Nas : Keluaran 38:1-20

Setelah kita membaca nas firman hari ini, sepertinya nas ini adalah nas yang biasa-biasa saja dan dapat kita katakan hanya berisi catatan untuk tukang pada jaman itu. Namun tunggu dulu, ternyata dibalik itu ada makna yang sangat dalam yang ingin ditinggalkan bagi kita, ketika kita mau menyediakan waktu untuk menganalisis nas tsb. Seperti yang tercatat di dalam keluaran 38:1-20, nas kita hari ini membahas tentang 3 hal yang akan kita pelajari secara bersama-sama,yaitu :
1. Mezbah korban bakaran: mezbah adalah tempat umat israel menghampiri Allah lewat para imam dalam ritual persembahan korban, yang mana korban yg dipersembahkan tersebut tujuannya utk mengadakan pendamaian dengan Allah (mengahapus/menyediakan pengampunan).
2. Bejana pembasuhan merupakan tempat membasuh tangan/kaki yang kotor setelah memberikan korban persembahan. Dan sebelum masuk kemah suci para imam harus mencuci kaki/tangan untuk menghindari diri dari maut. Dan pembasuhan adalah tanda penghormatan kepada Allah.
3. Pelataran; Pelataran adalah halaman/serambi dari kemah suci, yg mana pelataran berada paling luar dari struktur kemah suci. Ada dua pelataran yakni pelataran dalam tempat mezbah dan bejana pembasuhan (tempat para imam) dan pelataran luar tempat berkumpulnya umat.
Nah, jika di-Kolaborasikan nas ini menjadi satu kesatuan, maka kerigma firman hari ini adalah : " Mempersiapkan Hidup Yang Kudus Dalam Menghampiri Allah".
Saudara-saudara, fenomena saat ini adalah ada banyak orang kristen yang merasa telah hidup dalam kekudusan yang sesungguhnya dan merasa mereka telah hidup sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah. (Dengan mengatakan saya sudah kudus sebab rajin kebaktian,berdoa, rajin menyanyi,rajin mengikuti KKR, rajin membaca dan mendengarkan firman,dst). Perlu saya tegaskan bahwa pengudusan sejati tidak hanya ditandai dengan keterlibatan seorang Kristen dalam berbagai aktivitas ibadah dan pelayanan di gereja, Tapi hidup kudus adalah :
1). Suatu kebiasaan untuk menyetujui pikiran Allah sebagaimana diungkapkan dalam Alkitab.
2). Orang yg hidup kudus akan berbalik dari semua dosa yang ia lakukan dan memegang teguh perintah-perintah Allah.
3). Orang yg hidup kudus akan berjuang untuk hidup seperti Kristus.
4). Orang yg hidup kudus akan mengejar kelemah-lembutan, ketekunan, kesabaran, kebaikan, kemurnian hati, penguasaan diri dan penyangkalan diri.
5). Mengejar kasih dan kebaikan bagi saudara-saudaranya.
6). Takut akan Tuhan, rendah hati, setia dalam semua relasinya dan memiliki pikiran rohani.
Sekarang apa alasan mengapa kita harus hidup kudus? Sebab, hidup dalam kekudusan akan menyenangkan Tuhan, dan kekudusan merupakan kehendak dan panggilan Tuhan buat kita. 
Saudara-saudara, " Makanya jika tidak ada perubahan yang nyata dan berkelanjutan dalam diri orang-orang yang menganggap diri mereka telah bertobat/kudus, maka kerohanian atau keagamaan mereka tidak ada gunanya, betapapun hebatnya pengalaman mereka.
Karenanya, mari kita bersama berubah dan berkomitmen untuk selalu mengejar kekudusan yaitu dengan mengerahkan semua kekuatan kita untuk meraih kekudusan hidup yang sejati. God Bless.
<

No comments:

Post a Comment